Pages

4/17/2011

Dijajah Amerika

Rasanya sangat aneh sekali. Tadinya saya merencanakan 4 artikel besar mengenai Nokia, baru tulis 2 buah:
dan pergi berlibur sebentar, sepertinya sudah berubah jauh banget.
APA YANG BARU SAJA TERJADI
Bagi banyak orang awam yang mengerti hanya setengah2 dan banyak membaca berita yang ditulis oleh media yang hanya mencuri cerita dari media amerika, akan bertepuk tangan ketika mendengar nokia memakai Windows Phone 7 (WP7). Berita tentang symbian sudah usang & jadul yang terus di gaung2kan media Amerika, akhirnya menelan korban. Sebelomnya saya ingin menulis lebih jauh tentang apa saja yang menjadi korban media amerika.
IRAQ / Sadam Husein – yang di dengung2kan bahwa sadam husein mempunyai senjata pemusnah masal, dan akhirnya di libas amerika. Sama seperti Symbian. Pertama2 media amerika mengeluarkan beberapa alasan dan mencoba mempengaruhi pembacanya. Setelah pembaca sepertinya tertipu, dan secara tidak langsung memberikan ijin ke pemerintah amerika untuk bertindak, iraq di buat tidak berdaya.
Indonesia / Soekarno – Seorang negarawan indonesia yang mempunyai visi kuat & tidak sejalan amerika. Akhirnya dibuat isue PKI dan sebagainya, dan lalu dijatuhkan kekuasaannya ke seorang yang dapat dikontrol Amerika, yakni Soeharto. Jadi Indonesia juga pernah mengalami apa yang di alami nokia sekarang ini. Dilemahkan demi kepentingan politik amerika.
Malaysia / Anwar Ibrahim – Salah seorang pemimpin di Malaysia yang juga di gilas karena tidak sesuai dengan Amerika.
dan masih banyak lagi….
Sekali lagi…. APA YANG SEBENERNYA TERJADI.
Saya akan mundur sedikit ke sekitar waktu peluncuran Symbian^3 / Nokia N8. Penjualan N8 telat, dan media di Amerika terus menggaung2kan kata2 bahwa symbian sudah usang, dan nokia telah kalah dalam persaingan melawan Android & Apple. Padahal menurut angka penjualan. Nokia masih merupakan penjual handphone nomor 1 di dunia, dengan angka penjualan melebihi angka penjualan ke 2 + ke 3 + ke 4 (Samsung + LG + RIM). Angka ini sangatlah fantastik, karena sudah 13 tahun nokia menjadi yang pertama, dan sudah 11 tahun nokia selalu menjadi yang terbesar di bandingkan yang ke 2 + ke 3 + ke 4. Tapi sayangnya nokia menjual sahamnya di NASDAQ (amerika), dan pemegang saham nokia yang berasal dari amerika sama sekali tidak mengerti angka2 ini, dan kebanyakan dari mereka hanya membaca berita dari media2 di amerika yang mana mengatakan bahwa penjualan handset nokia telah menemui titik jenuh, dan imbasnya di amerika tidak laku. Hal ini adalah bohong besar, tetapi para investor hanya mementingkan short-term return of investment, mereka tidak peduli nokia jadi apa, mereka hanya mementingkan uang mereka menghasilkan uang sebanyak mungkin.
Alhasil, bos nokia, OPK (Olli Pekka Kallasvuo), di anggap tidak kompetent dan di pecat pada saat peluncuran Nokia N8. Pada saat itu ada 3 orang calon CEO nokia. Para pemegang saham nokia dari findland menjagokan Ansi Vanjoki yang merupakan lead enginer Nokia N95 & N8. Tetapi para pemegang saham Amerika menggangap orang findland tidak kompetent, dan mereka menjagokan steven elop, yang mana pada waktu Q&A dengan para pemegang saham di amerika, steven elop menjanjikan nokia akan sembuh dengan cepat dengan cara memakai Windows7. Pada saat itu pemegang saham nokia yang di Amerika sangat senang, karena mereka hanya tau bahwa windows phone 7 (WP7) adalah OS yang modern. Seperti apa yang di gembar gemborkan media Amerika. Untuk gambaran bagi pembaca di indonesia, WP7 itu dalam Q4 2010 saja, penjualannya kalah jauh dibandingkan dengan Symbian^3 yang diluncurkan berberangan.
Sekedar data saja. Steven Elop adalah ex-microsoft. Beliau adalah seorang yang memiliki saham microsoft terbanyak ke 7. Dan pindahnya nokia ke WP7 hanya menguntungkan dirinya karena memiliki banyak saham microsoft dan juga mengutungkan microsoft saja. Karena:
  • Pada saat ini Symbian^3 lebih baik dibandingkan WP7. Ini dapat di buktikan dengan Symbian^3 sudah matang OSnya, sedangkan WP7 belom ada multitasking & cut&Paste.
  • Samsung yang juga menjual handset WP7 & Android, menjual lebih banyak android dibandingkan WP7 & akan berhenti memasarkan WP7.
  • HTC sebagai manufacture yang paling banyak menjual Windows Phone (era sebelom WP7), pindah ke android & walaupun berjanji akan menjadi yang terdepan dalam WP7, baru2 ini mengakui bahwa Android lebih baik dari pada WP7, dan WP7 tidak laku di pasaran.
  • Sony Erricson juga sama… WP7 out, android in.
  • HP yang tadinya tidak punya OS saja, beli OS nya palm.
Jadi yang terjadi pada saat ini adalah, nokia di jajah oleh ex-microsoft, dan di ubah menjadi zoombie nya amerika. Ini adalah hal serius. sampai2 akan terjadi RUPS LB pada bulan Mei ini untuk menyingkirkan steven elop dari Nokia. Ini adalah FB Nokia Plan B. Dan ini adalah web site Nokia Plan B.
Tambahan… kronologi…
8 February, 4 hari sebelom kudeta berdarah… Steven elop mengatakan bahwa perusahaan yang di nahkodai nya terbakar dan dia harus mengambil tindakan serius. Bagi media amerika ini adalah lampu hijau untuk terus menjatuhkan nokia. Tetapi bagi media eropa, mereka menggangpap bahwa steven elop menuang minyak, membakar, lalu berbohong.
1 hal lagi… berita mengenai N9-00 di cancel ternyata benar. Menurut berita di web, bahwa apabila meego di keluarkan, steven elop tidak akan bisa mengelak bahwa WP7 tidak sebaik Meego. Maka dari itu steven elop mensabotase project meego. dan N9-00 tidak jadi keluar november 2010, tetapi akan keluar di 2011 tetapi dibuat tidak sebaik seharusnya.

0 komentar:

Posting Komentar