Pages

4/13/2011

Tips Membuat Partisi Hardisk

Selamat pagi sobat bloger semuanya, saya rasa hari ini akan menjadi hari yang sangat menyenangkan dimana suasana pagi ini sangat cerah tidak seperti hari-hari kemarin dimana dari pagi sampai sore hujan terus (khususnya Purworejo dan sekitrarnya,hehehehehehe)

Okelah sekarang langsung aja ketopik permasalahan dari pada kebanyakan argumen entar malah para sobat bloger pada males bacanya,heeee

Pemartisian hardisk sebenarnya bisa dilakukan pada saat instal windows ini saya ajarkan cara manualnya dari jaman Batu sampai sekarang,hehehehehe....

Sekarang saya akan syaring tentang bagaimana membuat partisi hardisk dengan menggunakan dos atau orang sering menyebutnya dengan menggunakan perintah FDISK dimana cara pembuatan partisi ini merupakan cara yang paling tua namun tetap ampuh dan masih banyak digunakan sampai abad ini,
Gimana selanjutnya inilah step-stepnya.
Pertama agan-agan download dulu windows 98, lo lo lo kok malah disuruh download sich katanya mau ngajarin bikin partisi, sobat bloger tenang dulu ini wajib dilakukan kalu sobat bloger belum punya tapi kalu udah punya tingga gunain aja.
Selanjutnya masukan CD win98 nya kemudian seperti biasa anda atur first bootnya ke CD-room setelah itu tekan F10 untuk menyimpannya maka komputre akan restart dan melakukan boot cd.

Nah initampilah awalnya

Anda pilih pilihan yang atas (1) kemudian tekan enter maka akan mucul tahap selanjutnya seperti apa tahapanya silahkan terus disimak agar tidak ketinggalan,hehehe
Nah ini dia udah muncul, pada commandpront di atas yang A:\> anda ketikan fdisk kemudian tekan enter dan enter lagi, entar akan ada pilihan selanjutnya.
Benerkan saya bilang masih ada tahapan selanjutnya
Disini terdapat 4 pilihan pilihan pertama cereate dos partition ini digunakan untuk membuat partisi hardisk. (cara ini yang saya akan ajarkan,hehehe tapi sabar dulu karena masih ada 3 pilihan lain) untuk pilihan nomer 2 ini digunakan untuk set active partition untuk mengaktifkan partisi pilihan ini dipilih jika dalam hardisk terdapat 2 partisi kalu hanya 1 partisi maka pilihan ini akan otomatis aktiff. Untuk pilihan nomer 3 delete partition ini saya rasa sobat bloger sudah tau, untuk apa fungsinya bener bangets emang bener buat menghapus partisi yang ada saya sarankan kalu mau uji coba jangan cara gunakan ini karena apaabila ada salah maka data dalam hardisk anda akan terhapus semua dan tidak bisa direcovery lagi. Untuk pilihan yang terakhir display partition information ini digunakan untuk menampilkan partisi yang sudah dibuat.

Kita lanjut saja kelangkah selanjutnya karena udah sore keburu hujan lagi,hehehe eh maaf kok malah jadi g nyambung...
Anda pilihan nomer 1 dan tekan enter entar masih ada tahapan selanjutnya dan ini gambar screenshotnya.
Sudah bisa dilihatkan gambarnya,
Karena kita akan membuat patisi yang pertama maka kita pilihan yang nomer satu (saran saja kalu mau bikin partisi pilih dari yang nomer 1 kemudian 2 dan 3 secara berurutan) setelah dipilih nomer 1 lanjutkan dengan menekan enter makan akan memproses sendiri pembuatan partisinya.
Ini ada gambarnya.....
Ini merupakan perintah apakah partisi hardisknya mau dibuat semua atau untuk sebagian saja kalu mau dibuat 1 partisi pilih Y dan kalu mau dibikin 2 pilih N dan tekan enter untuk melanjutkan prosesnya.
Ini merupakan proses pembuatan partisi tunggu sampe 100% ya hehehe jangan bosen karena ini belum selesai.
setelah menunggu akhirnya mucul juga pilihan ini anda disuruh menentukan berapa besar partisi yang akan dibuat tentukan sesuai keinginan kemudian tekan enter untuk melanjutkannya.
Nah ini partisi yang sudah dibuat tadi sudah jadikan maka secara otomatis akan menjdadi drive C untuk melanjutkan tinggal tekan Esc saja untuk pembuatan partisi yang ke-2 dan untuk menghapus partisi sobat bloger bisa coba sendiri untung-untung buat belajar kalu ada yang belum tau silahkan comment di bawah artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar