Pages

4/17/2011

Fakta seputar Nokia/Symbian dan Android/Windows7

Saya sudah terlalu sering mendengar issue/rumors bahwa nokia akan/harus memakai android. dan yang terakhir adalah nokia akan/harus memakai Windows7.
Berikut ini adalah analisa saya kenapa hal itu tidak mungkin:
1. Nokia dengan strategi S40/Symbian/Meego telah menggunakan strategi terbaik, yaitu dumb-phone/smart-phone/super-phone.
2. Samsung saja, yang awalnya tidak punya OS sendiri, mati2an berusaha membuat OS sendiri, yaitu Bada. Ini dikarenakan bila tidak mempunyai OS sendiri, tidak akan bisa menjadi yang terdepan, dan hanya bisa menjadi pengikut. Kenapa??? Karena seperti sekarang ini, nokia dapat membuat fitur handal yang mengejutkan karena nokia mengontrol symbian. Bilamana nokia menggunakan android atau Windows, handphone nokia punya fitur akan sama seperti merek2 lainnya. Contoh adalah USB OTG, HDMI output. Pada saat nokia memasarkan Nokia N8 dengan fitur2 tersebut, tidak ada perusahaan lain yang punya product yang sama. Tapi apabila nokia menggunakan windows7 atau android. Nokia hanya bisa jadi follower. Contoh lain adalah blackbery dengan OS jadulnya. Untuk menghadapi persaingan yang makin sengit, RIM membeli QNX. Sebuah OS superphone yang sangat canggih padahal bisa saja RIM memakai android atau Windows7.
3*. Level Android/Windows7 berada di antara Symbian/Meego. Nokia memiliki strategy affordable smartphone (handphone pintar dengan harga terjangkau) menggunakan OS symbian. sedangkan Superphone (computer genggam dengan kemampuan telpon) menggunakan Meego. Bagi yang telah mencoba Nokia 7700/N800/N810/N820/N900 akan tau bahwa Meego sudah setara computer, bukan kelas handphone lagi. Dan Android maupun Windows7 berada dibawah Meego. Hanya QNX, andalan RIM yang terbaru yang bisa menyaingi Meego. Jadi kenapa nokia harus pake Android/Windows7???
4. Aplikasi untuk Symbian & Meego adalah SOURCE COMPATIBLE bila dibuat dengan QT nokia. Artinya bagi developer yang membuat aplikasi, satu kali buat, jadi 2 binary. Tidak perlu buat 2 kali. Dengan strategy ini nokia akan membuat transisi ke superphone Meego tidak terasa, karena aplikasi yang tersedia buat symbian, juga akan tersedia buat Meego. UPDATE Lihat ini: Symbian/Maemo/Meego/Linux/Machintos/Windows/WindowsCE punya aplikasi bisa source compatible dengan QT
Jadi, bilamana nokia memakai Android atau Windows7. Itu adalah tandanya bahwa nokia sudah hancur, dan itu adalah saatnya mencari merek lain untuk disayang.
*tambahan penjelasan. saya menulis bahwa android/windows7 berada di antara symbian/meego, bukan berarti symbian kalah di bandingkan dengan android/windows7. Keunggulan symbian adalah irit resource, artinya dengan hardware yang sama dapat berjalan lebih baik. perhatikan bahwa rata2 smartphone android memakai CPU 800MHz-1GHz, sedangkan yang pake 600MHz pelan banget, tapi di nokia, 680MHz Symbian terasa terbang. Yang saya maksudkan dalam kata2 ini adalah, symbian di design nokia sebagai OS smartphone yang setara dengan competitor, tapi tidak bloated untuk pekerjaan computer. Untuk hal2 tersebut nokia mengandalkan Meego. Maka dari itu symbian dapat ramping (tidak lelet) tapi mantap. Itu adalah kelebihan symbian. Lihat article ini untuk penjelasannya.

0 komentar:

Posting Komentar